Posted by : enggar setiadi Senin, 30 Januari 2012

 
Jabatan Komandan Lanal Mataram diserahterimakan pada hari Kamis tanggal 26 Januari 2012 dari Kolonel Marinir Dedi Suhendar lulusan AAL angkatan 30 tahun 1985 kepada penggantinya Kolonel Marinir Donar Philip Rompas lulusan AAL angkatan 31 tahun 1986 dalam suatu upacara militer yang dipimpin oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (LANTAMAL) VII Kupang Laksamana Pertama TNI Karma Suta, SE dengan Komandan Upacara Pasintel Lanal Mataram Mayor Marinir Septino Lasamahu, SE yang dilaksanakan di Lapangan Apel Malomba Markas Komando Lanal Mataram Jl. Malomba No. 02 Ampenan Mataram Prov. NTB.
Kolonel Marinir Donar Philip Rompas sebelumnya menjabat sebagai Wakil Komandan Lantamal II di Padang, sedangkan Kolonel Marinir Dedi Suhendar selanjutnya menduduki jabatan orang nomor 2 (dua) di Korps Marinir wilayah timur sebagai Wakil Komandan Pasmar – 1 di Surabaya.
Dalam amanatnya Komandan Lantamal VII Kupang menyampaikan bahwa “ Serah Terima Jabatan dalam Organisasi TNI Angkatan Laut, pada hakekatnya merupakan proses regenerasi dan bagian dari dinamika organisasi, pergantian pejabat memiliki makna yang penting dan strategis, karena berkaitan erat dengan aspek pembinaan personel dan kebutuhan organisasi secara berkesinambungan serta dalam rangka penyesuaian kinerja organisasi dalam mengimplementasikan peran, tugas dan fungsi Pangkalan TNI AL. Diharapkan dengan adanya Sertijab tersebut dapat membawa semangat baru dalam lingkungan organisasi Pangkalan TNI AL Mataram, sehingga keluaran yang dihasilkan akan berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas, kinerja organisasi TNI AL secara menyeluruh  “. Lebih lanjut Danlantamal VII kupang mengatakan “ Kedudukan Pangkalan TNI AL sebagai ujung tombak pelaksanaan fungsi pertahanan Matra laut, memikul beban dan tanggung jawab yang tidak ringan, untuk menghadapi permasalahan – permasalahan aspek maritim yang beragam dan sangat kompleks, seperti penangkapan ikan secara illegal, bahkan menggunakan bahan peledak yang dapat merusak terumbu karang, penyelundupan barang dan orang, hewan yang dilindungi, aksi kejahatan laut, hingga tingginya resiko kecelakaan di laut akibat minimnya sarana bantu keselamatan dan navigasi, oleh karena itu terhadap semua perwira yang dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Komandan Pangkalan dan Satuan, dituntut untuk mampu berperan secara optimal dan terus menerus berupaya melakukan langkah – langkah inovatif dalam menghadapi tantangan tugas yang dihadapinya. Secara Obyektif harus kita akui bahwa upaya – upaya – upaya untuk lebih meningkatkan kinerja Pangkalan TNI AL Mataram telah banyak dilakukan dan menghasilkan berbagai perubahan positif. Untuk itu saya atas nama Pemimpin TNI AL dan sekaligus atas nama pribadi mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Marinir Dedi Suhendar atas dedikasi dan loyalitas serta pengabdian selama menjabat sebagai Komandan Lanal Mataram. Demikian juga saya mengucapkan terima kasih kepada Nyonya Erna Dedi Suhendar dan keluarga yang telah memberikan dukungan moril terhadap suami selama mengemban tugas sebagai Komandan Lanal Mataram ”.   
Sebelum mengakhiri amanatnya Komandan Pangkalan Utama TNI AL VII Kupang menyampaikan ucapan “ Selamat Bertugas ditempat yang baru kepada Kolonel Marinir Dedi Suhendar sebagai Wadan Pasmar-1 dan kepada Kolonel Marinir Donar Philip Rompas saya mengucapkan selamat atas jabatan baru. Saya yakin dengan bekal pendidikan dan pengalaman selama melaksanakan berbagai penugasan, saudara akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Komandan Pangkalan TNI AL Mataram dengan baik. Untuk mengawali tugas sebagai Komandan Lanal Mataram, pada kesempatan ini saya menekankan beberapa hal untuk saudara pedomani yaitu tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan Moral dan Etika dalam melaksanakan tugas, laksanakan tugas dengan senantiasa berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit , Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI AL, tingkatkan pengawasan melekat terhadap setiap anggotanya dalam melaksanakan tugas, tingkatkan pembinaan dan penegakan disiplin prajurit yang disertai sanksi tegas dan proposional dalam rangka membangun citra positif bagi prajurit dan institusi TNI AL, tingkatkan profesionalisme prajurit dengan cara mengadakan latihan secara bertingkat dan berlanjut serta cegah terjadinya benturan antara TNI - Polri dan aktifkan Jam Komandan di tiap – tiap Satuan.
Hadir dalam upacara tersebut Aslog Danlantamal VII Kupang, Danlanal Maumere, Danlanal Rote, Danlanudal Kupang, Karumkit Lantamal VII Kupang, FKPD provinsi, unsur Muspida NTB dan tamu undangan lainnya serta dimeriahkan oleh display Drum band Gita Jala Hang Tuah dari Siswa – siswa SMU Hang Tuah 3 Mataram binaan dari Pangkalan TNI AL Mataram. (Pen Lanal Mataram)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

follow by email

Statistic

Popular Post

Blog list

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © enr-news -Metro UI- Powered by Blogger - Designed by Enggar Setiadi -