Posted by : Unknown Rabu, 02 Mei 2012

PANGLIMA Tentara Nasional Indonesia, Laksamana TNI Agus Suhartono menerima kedatangan 100 prajurit TNI Angkatan Laut yang telah melaksanakan tugas sebagai Satgas Maritim Konga XXVIII-C/UNIFIL Lebanon yang dibawa dengan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM) 367.

Para prajurit ini telah bertugas selama enam bulan dalam misi perdamaian di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). "Penugasan pasukan TNI pada misi pemeliharaan perdamaian merupakan pengakuan dunia internasional terhadap bangsa Indonesia, khususnya TNI, dalam upaya memberikan kontribusi nyata terhadap terwujudnya perdamaian dunia sesuai yang tercantum dalam piagam PBB," kata Panglima TNI di Jakarta, Senin (30/4).

Kepercayaan ini, lanjut dia, menjadi kehormatan dan kebanggaan karena terkandung makna bahwa bangsa Indonesia telah menjadi bagian penting dari komunitas dunia dalam berperan menciptakan kehidupan masyarakat internasional yang adil dan beradab. "Sudah selayaknya kepercayaan tersebut dapat kita jaga dan tingkatkan, melalui dedikasi, loyalitas dan kerja keras sebagaimana yang telah tunjukan selama ini di daerah penugasan," katanya.

Indonesia, jelas Panglima TNI, merupakan negara Asia yang pertama kali dan satu-satunya yang berpartisipasi dengan mengirimkan kapal perang dalam misi misi perdamaian di Lebanon. Jumlah pasukan TNI yang tergabung dalam misi perdamaian PBB di seluruh dunia saat ini berjumlah 1.828 personel yang tersebar di berbagai wilayah konflik, yakni Lebanon, Kongo, Haiti, Liberia, Sudan (Darfur), Sudan Selatan, dan Suriah. Diharapkan pada 2014, Indonesia dapat mengirimkan 4.000 penjaga perdamaian (peacekeepers) dalam misi PBB di seluruh dunia.


sumber: JURNAS

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Statistic

Popular Post

Blog list

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © enr-news -Metro UI- Powered by Blogger - Designed by Enggar Setiadi -