Posted by : Unknown Sabtu, 11 Februari 2012

Puspen TNI, Kamis (9/2), Dalam rangka deteksi dini dan menindak secara cepat dan tepat setiap kekuatan asing yang masuk secara illegal ke wilayah udara yurisdiksi nasional, Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) telah menambah kekuatan satuan radarnya. 

Demikian amanat Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., yang dibacakan Kasum TNI Letjen TNI J. Suryo Prabowo pada HUT ke-50 Kohanudnas,  di Lapangan Persada Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (9/2). 

Penambahan Satuan Radar (Satrad) 245 Saumlaki di Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Satrad 243 di Timika, diharapkan mampu melaksanakan pengamatan udara di wilayah paling timur Indonesia dalam rangka menghadapi pelanggaran wilayah udara yurisdiksi nasional yang mungkin dilakukan pihak–pihak tertentu.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, sebagai pengemban tugas di wilayah udara yurisdiksi nasional, Kohanudnas haruslah bertindak tegas terhadap setiap bentuk pelanggaran di wilayah udara dengan tetap berpedoman pada prosedur hukum yang berlaku secara nasional dan internasional. Guna memenuhi tuntutan tersebut, Kohanudnas diharapkan senantiasa meningkatkan kemampuan personel dan alutsista yang ada untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional satuan.

Dihadapkan dengan perkembangan teknologi dirgantara dan kemajuan perkembangan alutsista militer, menyebabkan padatnya jalur lalu lintas udara internasional, sehingga memungkinkan ancaman udara masuk ke wilayah udara yurisdiksi nasional semakin mudah. Hal ini merupakan fenomena global yang berpengaruh terhadap tugas Kohanudnas selaku Kotama Ops TNI.

Dalam masa 50 tahun perjalanannya, Kohanudnas telah menorehkan berbagai prestasi gemilang yang tentunya tidak terlepas dari dedikasi, kesungguhan dan kerja keras dari seluruh warga Kohanudnas. Kesemuanya itu merupakan refleksi dari konsistensi sikap dan upaya pembinaan yang terarah, terprogram dan berkesinambungan dalam menghadapi tugas ke depan yang semakin tidak ringan, hal tersebut tertuang dalam tema HUT Kohanudnas ke-50 yaitu “Dengan Dilandasi Semangat 50 Tahun Pengabdian dan Profesionalisme, Kohanudnas Siaga Senantiasa Menjaga Keutuhan dan Kedaulatan Wilayah Udara Nasional Guna Tetap Tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Dalam rangka HUT Kohanudnas ke-50, telah diselenggarakan berbagai pertandingan olahraga dan kegiatan kemasyarakatan diantaranya yaitu pertandingan tenis lapangan antar Kotama dan Polri, pertandingan sepak bola usia 10 dan 12 tahun, lomba volli putra putri antar staf, dan lomba karya tulis serta bhakti sosial pelayanan kesehatan umum, pelayanan kesehatan gigi, operasi bibir sumbing, dan donor darah.

Upacara HUT Kohanudnas ke-50, diikuti 3 batalyon pasukan. Batalyon pertama, terdiri dari 1 Peleton Perwira Menengah, 1 Kompi Perwira Pertama, dan 1 Kompi Bintara/Tamtama. Batalyon kedua, terdiri dari 1 Kompi Arhanud TNI AD, 1 Kompi Marinir TNI AL dan 1 Kompi Paskhas TNI AU. Sedangkan, Batalyon 3 terdiri dari 1 Kompi Brimob Polri dan 1 Kompi PNS TNI.

Turut hadir dalam acara tersebut, antara lain Sekjen Kemhan RI Marsekal Madya TNI Eris Heryanto, Irjen TNI Marsekal Madya TNI Sukirno K. S. serta para pejabat Mabes TNI dan Angkatan.(Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl. Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc, M.Si, M.A./Dispenad)


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Statistic

Popular Post

Blog list

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © enr-news -Metro UI- Powered by Blogger - Designed by Enggar Setiadi -