Posted by : Unknown Jumat, 22 Juni 2012

Jakarta Masih ada lima unit Fokker 27 yang TNI AU operasikan. Menyusul musibah di Halim Perdanakusumah petang kemarin, Komisi I DPR mempertimbangkan mempercepat penggantiannya secara bertahap dengan CN-295 yang semula dijadwalkan akan dimulai pada akhir tahun ini.

"Kita akan minta pengiriman pesawat baru itu lebih cepat," kata Wakil Ketua Komisi I DPR, Tubagus Hasanudin, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (22/6/2012).

Menurutnya beberapa waktu lalu Kementerian Pertahanan telah memastikan seluruh Fokker 27 yang TNI AU gunakan sejak 1977 akan diganti dengan CN-295. Sebanyak dua dari 10 unit pesawat angkut ringan baru hasil produksi Cassa Spanyol bersama PT Dirgantara Indonesia itu akan siap terbang pada Oktober 2012.

"Pengadaan sisanya bertahap sampai 2014," papar Hasanudin.

Lebih lanjut purnawirawan TNI AD ini menyatakan, seluruh unit Fokker 27 TNI AU sebenarnya dalam kondisi layak terbang sebab selalu mendapatkan perawatan rutin. Sehingga meski usianya sudah cukup tua, namun tetap mampu menjalankan misi latihan, pengangkutan cargo ringan dan pasukan penerjun hingga VVIP.

"Kita dorong agar investigasi penyebab kecelakaan dilaksanakan dengan baik dan dipertimbangkan apakah (unit Fokker 27 TNI AU yang lain -red) masih bisa dipakai lagi," sambung politisi PDIP ini.

sumber: DETIK

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Statistic

Popular Post

Blog list

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © enr-news -Metro UI- Powered by Blogger - Designed by Enggar Setiadi -