Posted by : Unknown Minggu, 26 Agustus 2012

Jakarta Komisi I DPR tak lagi mempermasalahkan pembelian tank Leopard yang akan memperkuat alutsista TNI. Seperti apa karakter tank Leopard yang akan didatangkan dari Jerman dalam waktu dekat ini?

"Dengan informasi yang telah kami terima, maka Komisi I menganggap sudah tak ada masalah lagi dengan rencana pembelian tank Leopard tersebut. Tapi perlu dikonfirmasi langsung lagi dengan Kemenhan/TNI , dan akan kita klarifikasi pada kesempatan pertama rapat pekan depan," kata Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin, kepada detikcom, Sabtu (25/8/2012).

Komisi I DPR memang sempat menolak rencana pembelian tank Leopard. Karena sejumlah informasi yang berbeda, tank Leopard sempat ditentang karena dianggap tidak cocok dengan medan di Indonesia.

"Ada 4 hal yang kami kritisi saat itu , pertama adalah tonasenya yang 63 ton dianggap tak cocok dengan geografi di Indonesia , kedua harganya yang mahal padahal tank bekas, ketiga tidak ada TOT dengan BUMNIP kita ( Pindad , Len dll ) , keempat tak sesuai dengan Renstra yang ada," papar Tubagus.

Namun kemudian dalam rapat terakhir pada 16 Agustus 2012, Komisi I mendapat penjelasan dari tim kecil yang ditunjuk mempelajari masalah MBT Leopard. Dalam rapat itu diinformasikan 4 hal, yang kemudian merubah pendirian Komisi I, apa sajakah?

"Pertama TNI tidak jadi membeli tank bekas dari Belanda yang harganya 2,5 juta € per unit , tapi akan membeli tank baru dari Jerman seharga kisaran 700.000 s/d 1,5 juta € (tergantung sista yang dipasangnya). Kedua pembelian murni G to G dan tak melibatkan makelar alias rekanan atau pihak ketiga. Ketiga tonasenya dipilih yang berbobot 40 ton saja alias medium tank ( jadi sudah sesuai Renstra TNI) . Keempat karena langsung dari pabrik maka melibatkan BUMNIP seperti PT Pindad dll dalam TOT-nya," bebernya.

sumber: Detik

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Statistic

Popular Post

Blog list

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © enr-news -Metro UI- Powered by Blogger - Designed by Enggar Setiadi -