Posted by : Unknown Kamis, 12 April 2012

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Marsetio, M.M., mengungkapkan, bahwa untuk mengantisipasi dampak gempa bumi berkekuatan 8,5 skala Richter yang terjadi di wilayah Sumatera, khususnya Aceh dan Sumatera Utara hari Rabu kemarin, TNI Angkatan Laut telah menyiapkan lima kapal perang berbagai jenis guna memberikan bantuan kemanusiaan baik penyelamatan, pengangkutan bahan pokok, pengobatan dan bantuan lain yang dibutuhkan.

“Atas persetujuan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno, TNI AL telah menyiapkan lima kapal perangnya sebagai antisipasi dampak bencana yang terjadi di berbagai wilayah Sumatera,” kata Laksdya TNI Marsetio, M.M., Kamis (12/4) di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta.

Menurut Wakasal, sejumlah unsur yang telah disiapkan oleh TNI AL tersebut adalah dua jenis Landing Platfrom Dock yaitu KRI Banda Aceh-593 dan KRI dr. Suharso-990 (kapal perang ini dapat berfungsi sebagai rumah sakit terapung), satu frigate kelas Van Speiyk KRI Yos Sudarso-353 serta dua korvet kelas Parchim yaitu KRI Sultan Thaha Syaifuddin-376 dan KRI Patiunus-384. Penyiapan unsur tersebut telah dikoordinasikan secara baik dengan instansi terkait lainnya.

Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia dengan jumlah pulau kurang lebih 17.499 buah, sehingga jika terjadi bencana alam, antara lain gempa bumi maka yang paling optimal untuk memberikan bantuan kemanusiaan adalah melalui laut. Oleh karena itu, TNI AL memberikan perhatian dengan menyiapkan unsur-unsurnya.

sumber: TNI-AL

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Statistic

Popular Post

Blog list

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © enr-news -Metro UI- Powered by Blogger - Designed by Enggar Setiadi -