Posted by : enggar setiadi Sabtu, 21 April 2012

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda (Laksda) TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., yang diwakili Komandan Satkopaskaarmabar Kolonel Laut (P) R. Eko Suyatno bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Kopaska TNI Angkatan Laut yang ke 50 (HUT Emas) yang jatuh pada tanggal 31 Maret 2012 di Markas Komando (Mako) Satuan Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmabar, Pondok Dayung, Tanjung Priok, Kamis (19/6).

Dalam amanatnya Pangarmabar mengatakan, untuk kedepan tugas Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut akan lebih berat dan komplek serta penuh tantangan, hal tersebut sejalan dengan komitmen tugas yang diemban Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) untuk mengamankan wilayah perairan barat Indonesia dengan sebaik-baiknya, oleh karena itu kesiapan tempur seluruh jajaran Kopaska perlu dipelihara dan ditingkatkan untuk kemudian dikembangkan kemampuannya, hal tersebut hanya dapat dicapai melalui peningkatan kualitas prajurit Kopaska yang didukung oleh kesiapan peralatan tempur yang optimal serta sistem latihan yang efektif dalam rangka mewujudkan postur Kopaska yang profesional.

Selanjutnya Pangarmabar mengatakan, keberhasilan yang telah dicapai dalam dinamika pengabdian Kopaska TNI Angkatan Laut selama 50 tahun merupakan momentum yang tepat untuk introspeksi dan mawas diri agar kiprah pengabdian Kopaska di masa mendatang akan semakin baik dan membanggakan.

Sejak kelahirannya tanggal 31 Maret 1962 Pasukan Katak TNI Angkatan Laut telah banyak mengukir prestasi yang cukup membanggakan dan menjadi catatan panjang dalam sejarah perjuangan TNI Angkatan Laut, antara lain; tergabung dalam operasi laut pembebasan Irian Jaya; konfrontasi dengan Malaysia; penanggulangan separatis di berbagai daerah di tanah air seperti penanggulangan perompakan di Selat Philip, Selat Malaka, Selat Bangka dan perairan Aceh dan Selat Singapura; penangkapan OTK bersenjata di perairan Pangkalan Susu; pengamanan objek Vital, pengamanan VIP dan pengamanan ibu kota negara serta turut dalam Satuan Tugas Merah Putih yang berhasil dengan gemilang membebaskan MV. Sinar Kudus yang di sandera perompak di Somalia.

Disamping itu Pasukan Katak juga terlibat secara aktif dalam kegiatan Peace Keeping Operation PBB di Libanon serta terlibat dalam kegiatan-kegiatan operasi Militer Selain Perang (OMSP) seperti; bantuan kemanusiaan terhadap korban bencana di berbagai daerah, survey bawah laut, operasi Search and Rescue dan pengambilan harta karun dari dasar laut.
       
Pada acara peringatan Hut Kopaska ke-50 tersebut dihadiri oleh sesepuh mantan Komandan Satkopaskaarmabar dan Satkopaskaarmatim diantaranya Laksamana Madya (Laksdya) TNI (Purn) Moekhlas Sidik, MPA., Laksda TNI (Purn) Syamsul Bahri, Laksda TNI Amri Husaini, Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Herry Setianegara, S.Sos., S.H., M.M., Walikota Padang Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si., Dansatkopaskaarmatim Kolonel Laut (P) Yeheskil Katiandagho dan keluarga besar Kopaska TNI Angkatan Laut.
sumber: TNI-AL

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

follow by email

Statistic

Popular Post

Blog list

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © enr-news -Metro UI- Powered by Blogger - Designed by Enggar Setiadi -